Tips Mudah Menghindari Investasi Bodong Terbaru 2022 | Waspadai Skema Ponzi!

skema Ponzi merupakan jenis modus investasi palsu . berikut ips yang harus kita lakukan supaya kita terhindar dari berinvestasi bodong. simak lengkap
Promo.web.id - Tentu setiap orang mengharapkan banyak uang saat berinvestasi. Namun, berhati-hatilah. Jangan menggelapkan mata Anda. Lihat dulu bentuk investasi Anda dan hindari terlibat dalam skema Ponzi. 

Skema Ponzi

Mengutip dari laman resmi OJK, skema Ponzi merupakan jenis modus investasi palsu dimana keuntungan dibayarkan kepada investor dari uang mereka sendiri atau uang yang dibayarkan oleh investor berikutnya.

Sederhananya, investasi ini dilakukan dalam bentuk uang yang beredar dari setiap anggota ke investor lama.

Investasi ini mengandalkan investor baru untuk menyuntikkan modal guna mendanai investor yang sudah ada. Jika mandek, skema Ponzi juga akan bubar.

Saat ini semakin banyak jenis skema Ponzi salah satunya berupa penipuan investasi. Ada yang berbentuk money game, mengatasnamakan trading, kripto, arisan atau menitip uang dan lainnya.

Investasi bodong sering datang dengan orang yang mudah tergoda dengan uang dan malam repot.

Faktanya, tidak ada yang instan di dunia ini. Kalau mau makan mie instan harus masak dulu ya?

Tips Yang Harus Kita Lakukan Agar Tidak Tergiur Dengan Investasi Bodong

1. Pastikan Anda memahami setiap instrumen investasi

Ada pepatah yang mengatakan”tak kenal maka tak sayang", tetapi ini juga berlaku saat berinvestasi. Jika Anda tidak mengetahui produk investasi yang Anda coba masuki, berhati-hati dapat melukai hati dan dompet Anda.

Bayangkan, Anda sedang mencari uang yang susahnya setengah mati, Anda tiba-tiba percaya pada orang yang menawarkan investasi "titip duit". Bukannya untung, malah buntung!

2. Jangan FOMO atau ikut-ikutan

Banyak orang yang merasakan FOMO atau ikut berinvestasi meski tidak memahami risiko dari setiap produk investasi.

Ada teman yang menghasilkan banyak uang dari kripto dan trading, kemudian Anda ikut bergabung. Ada yang menawarkan profit berlipat langsung disikat.

Jika Anda memahami setiap produk investasi terlebih dahulu dan sudah memahaminya, Anda dapat bergabung. Ini akan menghindari kamu dari investasi bodong karena Anda sudah memahami bahwa model investasi yang aneh-aneh adalah karakteristik penipuan.

3. Jangan mudah tergiur dengan keuntungan yang terlalu bagus dan tidak benar

Salah satu cara penipu menawarkan investasi bodong adalah untuk membuat keuntungan besar dalam waktu singkat.

Misalnya,  anda setor Rp.500.000 dan dalam 10 hari Ini akan menjadi 700.000. Setoran Rp.800.000, akan menjadi Rp.1.200.000 dan seterusnya.

Mereka mengklaim bahwa uang akan dikembalikan melalui cara trading dan diinvestasikan dalam bisnis lain.

Bahkan, berpikir dua kali. Jika investasi seperti itu benar, orang Indonesia sudah pada kaya, bukan?

Hati-hati jika kedengarannya benar nyata menguntungkan, itu mungkin hanya tipuan!

4. Investasi sudah terdaftar dan diawasi oleh negara

Cara termudah untuk memeriksa apakah investasi Anda aman adalah dengan memeriksa apakah perusahaan yang mengawasi investasi Anda terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atau Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti).

Berhati-hatilah jika Anda menawarkan investasi tetapi tidak terdaftar di OJK atau Bappebti. Ini mungkin investasi bodong.

Dengan maraknya investasi bodong kita perlu berpikir matang dan kritis agar tidak mudah percaya dengan investasi aneh seperti skema Ponzi.

Semoga informasi diatas bermanfaat dan bisa membuat kita untuk selalu berhati hati dalam berinvestasi

salam sehat dan sukses selalu ^_^
© Referral.web.id. All rights reserved. Developed by Jago Desain