Cara Aman Menggunakan Internet Agar Terhindar dari Peretasan!

Referral.web.id - Saat ini, Internet adalah bagian dari kebutuhan dasar semua manusia di planet ini. Keberadaan internet seolah berada di satu tangan dengan kemudahan akses berbagai informasi, pengetahuan dan hiburan bagi setiap orang untuk berkomunikasi antar negara dan benua hanya melalui koneksi internet.

Namun dibalik semua manfaat dan kemudahan internet tersebut tidak lepas dari berbagai bentuk dampak buruk yang dapat merugikan, seperti bocornya data privasi dengan resiko disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Jadi bagaimana Anda menggunakan Internet dengan aman?

Jangan pernah membagikan informasi pribadi

Tidak pernah ada celah aman di internet. Oleh karena itu, untuk mencegah pencurian data, mohon untuk tidak menyertakan informasi pribadi seperti nomor telepon, tanggal lahir, alamat, alamat email, status hubungan.

Nonaktifkan Bluetooth jika Anda tidak membutuhkannya

Teknologi nirkabel, yang berfungsi untuk bertukar data, sebenarnya adalah salah satu "gerbang" yang paling mudah diakses oleh peretas. Oleh karena itu, pastikan perangkat digital Anda telah menonaktifkan Bluetooth saat Anda tidak menggunakannya.

Hindari tautan yang mencurigakan

Jika Anda memiliki tautan yang dikirim ke email Anda, jangan langsung mengkliknya. Hal ini juga berlaku ketika Anda mengunjungi situs web tempat Anda diperintahkan untuk mengklik sebuah tautan, jadi pastikan terlebih dahulu tautan tersebut benar-benar dapat diandalkan. Seperti yang diketahui semua orang, tautan tersebut mengandung malware, ransomware, atau virus berbahaya lainnya.

Jangan sambungkan ke OpenWiFi

Peretasan dapat terjadi kapan saja, di mana saja, termasuk saat terhubung ke jaringan WiFi. Jika Anda menemukan kata sandi yang aman atau jaringan WiFi tanpa kata sandi saat Anda bepergian, jangan puas dulu. Banyak peretas sengaja membuat WiFi palsu untuk mengakses data pribadi dari perangkat yang terhubung ke "perangkap". Namun, jika Anda terpaksa terhubung, jangan login ke berbagai situs atau aplikasi yang memerlukan informasi atau data pribadi.

Masuk hanya ke situs yang dimulai dengan HTTPS

Saat mengakses atau masuk ke situs, pastikan situs dimulai dengan protokol https: //. Protokol ini adalah versi aman dari http, dengan huruf tambahan "s" mewakili kata aman. Ini berarti aman.

Unduh perangkat lunak antivirus dan antimalware

Kami menyarankan Anda mengunduh perangkat lunak antivirus dan antimalware yang andal untuk meningkatkan perlindungan perangkat pribadi Anda saat mengakses Internet. Anda dapat mengunduh beberapa antivirus dan antimalware versi gratis dan berbayar seperti Avira Antivirus, Kaspersky dan Malwarebytes.

Cadangkan data perangkat secara teratur

Tip penting yang perlu diingat adalah mencadangkan data Anda. Pencadangan data secara teratur memudahkan pemulihan dan pemulihan data Anda jika terjadi peretasan yang menyebabkan hilangnya data pada perangkat digital Anda. Selain itu, perbarui patch keamanan sistem dan perangkat Anda secara berkala ke versi terbaru.

Nah, itulah beberapa tips agar Anda tetap aman saat berselancar di internet. Perkembangan teknologi internet telah meningkatkan potensi kejahatan dunia maya yang dapat terancam. Kita tidak pernah tahu siapa yang menguntit kita untuk melakukan apa yang tidak kita inginkan melalui internet. Jika iya, perhatikan prosedur aman saat berselancar di internet dan tetap waspada, OK!